Definisi public
relation adalah usaha yang direncanakan secara terus-menerus dengan sengaja, guna
membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara organisasi dan
masyarakatnya. Pendapat ini menunjukkan bahwa public relation dianggap sebuah
proses atau aktivitas yang bertujuan untuk menjalin komunikasi
antara organisasi dan pihak luar organisasi (Coulsin-Thomas, 2002).
Menurut, Maria (2002:7)
Pengertian public relation adalah: Interaksi dan menciptakan opini publik
sebagai input yang menguntungkan untuk kedua belah pihak, dan merupakan profesi
yang profesional dalam bidangnya karena merupakan faktor yang sangat penting
dalam pencapaian tujuan organisasi dengan secara tepat dan dengan secara terus
menerus karenapublic relation merupakan kelangsungan hidup organisasi yang
bersangkutan.
A.
Profil Humas
Profil
Humas dapat berupa:
1.
Humas yang Melembaga/In-House PR
Organisasi humas dalam perusahaan diistilahkan
sebagai humas yang melembaga/state of being. Sebagai bidang yang melembaga,
berarti memiliki seseorang yang memimpin, memiliki staf, dan memiliki
ruang/tempat dan sarana/prasarana pendukungnya.
Jabatan-jabatan yang ada dalam bagian humas memiliki
tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang jelas. Pengorganisasian di sini adalah
tentang struktur, wewenang, tugas, dan tanggung jawab. Humas yang melembaga
lebih dikenal dengan istilah bagian/departemen/divisi humas/PR communication.
2.
Humas
Agency/Ekstern PR
Ekstern
PR adalah sebuah lembaga/perusahaan independen yang berbadan hukum dan bergerak
dalam layanan dibidang humas. PR ekstern meliputi:
⇒ PR Full Service
⇒ PR Full Service
Sebuah perusahaan
tersendiri yang bergerak dalam bisnis pelayanan kehumasan, meliputi kegiatan
konseling dan sekaligus pelayanan konsultasi dan pelayanan yang mereka berikan
kepada klien (perseorangan/perusahaan PR tersebut).
⇒ PR Consultant
⇒ PR Consultant
Yaitu perusahaan PR yang
bergerak dalam Layanan konsultasi kehumasan. Pelayanan kosultan yang diberikan
tergantung dari kompetensi yang dimiliki para konsultannya.
3.
Event
Organizer
Event Organizer, adalah perusahaan yang melayani jasa sebagai pelaksana
sebuah event/kegiatan yang
berhubungan dengan publik. Perusahaan ini cenderung spesialis, misalnya:
·
Launching
product
·
Pameran/ exhibition
·
Pertemuan-pertemuan (seminar,
lokakarya, konvensi, konferensi)
·
Jumpa pers/press conference, press tour, dan sebagainya
·
Show dan
kontes-kontes
B. Pola
Komunikasi PR
Pola
komunikasi public relations dalam suatu organisasi pada prinsipnya yaitu setiap
bagian harus melakukan komunikasi dengan berbagai pihak untuk mencapai
tujuannya. Setiap bentuk oerganisasi, pendekatan dalam melakukan kegiatan
komunikasi yang dipakai antara satu organisasi dengan organisasi lain tidaklah
sama,masing-masing mempunyai karakter yang satu dengan lainnya mamiliki variasi
berbeda-beda.
Setiap
karakter organisasi, misalnya dalam bentuk perusahaan sangatlah bergantung pada
skala besar kecilnya perusahaan tersebut.jika perusahaan hanya memiliki
beberapa karyawan maka penyampaian informasi dapat dilakukan secara
langsungkepada karyawan tersebut. Lain halnya dengan perusahaan besar yang
memiliki ratusan bahkan ribuan karyawan maka penyampaian informasi kepada
mereka merupakan suatu pekerjaan yang mungkin sangat kompleks dan memerlukan
kemampuan sumber daya manusia untuk dapat membuat konsep dalam menentukan jaringan
komunikasi yang efektif dan efesien di lingkungan perusahaan. Komunikasi yang
efektif dapat terjadi apabila public relations sebagai komunikator melakukan
pemeriksaan atau menganalisis kondisi komponen dalam proses komunikasi
(kriyantono,2012:30).
C. Macam-macam
Hubungan Masyarakat
Adapun
macam-macam Humas Rofia (2016) yaitu : Humas Pemerintah, Humas Sosial, Humas
Industri dan Bisnis, Humas Organisasi Internasional, Humas Penegak Hukum, Humas
Profesi, Humas Organisasi Sukarela
1.
Humas Pemerintah Lembaga humas yang melakukan fungsi management dalam
bidang informasi dan komunikasi untuk menciptakan hubungan yang harmonis dengan
publik melalui berbagai sarana kehumasan dalam rangka menciptakan citra yang
positif ,instansi pemerintah.
1.
2. HUMAS SOSIAL Misi utama humas sosial
adalah mengembangkan saling pengertian, kepercayaan, dan bantuan atas kerja
sama. Contoh: Humas Penegak Hukum Humas Organisasi
Keagamaan
2.
Humas Industri dan Bisnis Beberapa penerapan humas dalam industri dan
bisnis meliputi : - Hubungan dengan pelanggan dan peran humas terhadap
marketing yang pada akhirnya melahirkan terapan marketing PR - Hubungan dengan
pemegang saham - Hubungan dengan pers, bantuan untuk merekrut pegawai baru -
Hubungan dengan komunitas - Hubungan dengan perusahaan/organisasi lain -
Hubungan dengan pemerintah
3.
Humas Profesi Maksud penerapannya adalah untuk mendapatkan pengakuan dan
keprofesionalan dan publikasi tentang apa yang telah mereka lakukan bagi
kepentingan umum.
4.
Humas Organisasi Sukarela Peranannya untuk merancang suatu program
progresif, termasuk didalamnya mengadakan hubungan dengan pers.
5.
Humas Organisasi Internasional Humas internasional disebabkan oleh adanya
perubahan sangat cepat di dalam segala bidang
6.
Humas Penegak Hukum Banyak golongan penegak hukum merasa perlu untuk
membentuk grup-grup penasihat warga Negara dan merangkap sebagai penjabat humas
untuk bekerjasama dengan mereka dan para media masa
Referensi
Kriyantono, R. 2012. Public Relations dan Crisis Management
Pendekatan Critical Public Relations Etnografi Kritis & kualitatif. Jakarta:
kencana.
Rofiah, 2016. https://rofiah995.blogspot.co.id/2016/07/macam-macam-humas.html,
07 desember 2017.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar